Ikhlas

dari sini, saya mencoba mencari, makna ikhlas itu apa..

Tanda Ikhlas (dari ust Abdul Shomad)

  1. Tidak ada beda saat berada, atau tidak berada. Tidak ada beda saat lapang atau saat sempit. Karena Allah yg disembah saat kaya, dan Allah yg disembah saat miskin.
  2. Tidak ada beda di depan orang atau di belakang orang/tidak dilihat siapapun. Kalau jadi imam, faseh sekali bacaan, kalau sendirian di kamar, ngga sekali napas juga tetapi tetap faseh. Karena menghadap robbussamawati wal ardh.
  3. Tidak ada bedanya, ketika kita memberi/berkurban, mengharap balasan atau tidak mengharap balasan. Tidak ada bedanya saat ada keinginan atau tidak ada keinginan, karena yang dicari adalah ridho dan rahmat Allah.
  4. Sanjungan tak membuat melambung, hinaan tak membuat tumbang.
  5. Senang mengerjakannya tidak merasa capek lelah, tidak merasa sakit susah, tidak merasa lama dan makan waktu. Karena sebentar atau lama, membuat payah atau susah, rasanya ringan, karena hatinya senang.

Intention only for Allah (dari ust Nouman Ali Khan)

If you do good for others it is not for them, it’s for who, for yourself. Our voluntary contributions in whatever way shape of form are actually efforts to help our own selves. Don’t ever do I should I dare look back at a (Masjid) that i gave time to a program a convention I helped put together a check I wrote to the school or whatever and say I help them, I only helped myself and the moment I say I help them it doesn’t count for me anymore, I cannot go to Allah and say ya Allah where is the money I gave, Allah will say you already said you helped them you didn’t say you help yourself you can’t have it both ways. Allah only takes one intention so if you’re going to give whether you give time, whether you give money, whether you give effort, whether you give suggestions, if you’re going to give you better only expect returns from Allah you expect anything from anyone else Allah doesn’t like to share in intentions. Allah is very jealous of intention. Subhanallahu wa ta’ala.. He wants his intention to be exclusive. You put anybody else some other agenda and that intention is gone, it doesn’t count for anything.

Don’t tie your contributions to expectations. If you want to have expectations have them with Allah.


Mengikhlaskan karena Allah (Ust Salim A Fillah)

Di dalam perjuangan ringan atau berat bukan ukuran keikhlasan.Orang yang berat bisa ikhlas, orang yang ringan,juga bisa ikhlas. Kan kadang-kadang kita dikasih tahu kalau ikhlas itu pasti terasa ringan, tidak juga. Nabi Ibrahim menyembelih putranya memangnya ringan? Ringan tidak? tidak. Ikhlas tidak? Ikhlas. Allah saksinya bahwa ia ikhlas.

Ada orang berangkat jihad itu ringan kenapa? Istrinya bawel suka marah-marah, anaknya rewel nakal-nakal. Maka dia kemudian, ah daripada di rumah riweuh begini,lebih baik saya pergi berjihad. Dia masih harus memperjuangkan niatnya supaya ikhlas, karena ikhlas itu karena Allah. Bukan karena ninggalin keadaan yang tidak bisa diatasi masalanya.

Al- A’rof :29 “Hadapkanlah wajahmu (kepada Allah) pada setiap sholat dan sembahlah Dia dengan mengikhlaskan ibadah semata-mata hanya kepadaNya”


Diterbitkan oleh yunitasakinatur

Bismillah, menulis untuk masa depan~

Tinggalkan komentar